Tentang LAM-KPRS

Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 12 Tahun 2020 tentang Akreditasi Rumah Sakit, antara lain dinyatakan pada pasal 4 bahwa akreditasi dilaksanakan oleh lembaga independen penyelenggara akreditasi yang ditetapkan oleh Menteri Kesehatan Republik Indonesia.

Atas inisiatif para praktisi dan akademisi di bidang manajemen perumahsakitan, kami telah membentuk lembaga akreditasi rumah sakit pada tanggal 27 Mei 2021.

Pemilihan nama Lembaga Akreditasi Mutu dan Keselamatan Rumah Sakit, dimaksudkan adalah untuk menekankan bahwa lembaga ini fokus dan menukik kepada hasil dari pelaksanaan akreditasi yaitu agar mutu pelayanan dan keselamatan pasien meningkat.

Para Pengurus LAMKPRS berasal dari praktisi-praktisi rumah sakit dan institusi pendidikan baik dari unsur rumah sakit pemerintah pusat, daerah, swasta dan keagamaan. Untuk pemerataan dan percepatan pelaksanaan akreditasi ke seluruh wilayah tanah air, dibentuk regionalisasi pembinaan wilayah yang mencakup seluruh provinsi.

Dibentuknya LAM-KPRS bertujuan agar dapat membantu pemerintah dalam percepatan penyelenggaraan akreditasi rumah sakit di Indonesia secara profesional, merata, berkesinambungan, terjangkau, dan berbasis digital agar rumah sakit dapat memberikan mutu pelayanan prima yang berorientasi pada kepuasan pelanggan.

Kata Pengantar

Dengan diterbitkannya PERMENKES 12/2020, memberikan peluang terbentuknya lebih dari satu lembaga akreditasi rumah sakit yang independen.

Lembaga Akreditasi Mutu dan Keselamatan Pasien Rumah Sakit (LAM-KPRS) merupakan lembaga independen yang dibentuk oleh para praktisi dan akademisi perumahsakitan yang berpedoman pada prinsip berorientasi pada output/outcome (khususnya kepuasan pelanggan), berbasis digital, memberdayakan wilayah, terjangkau dan menjaga kesinambungan implementasi akreditasi.

Semoga LAM-KPRS dapat turut berkontribusi dalam proses akreditasi rumah sakit di Indonesia, untuk mencapai peningkatan mutu dan keselamatan pasien
rumah sakit sesuai standar.

dr. Andi Wahyuningsih Attas, Sp.An, KIC, M.A.R.S
Direktur Utama

PEMRAKARSA LAM-KPRS